Sabtu, 11 Januari 2014

Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)


     Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning)
Model pembelajaran koperatif adalah kegiatan pembelajaran dengan cara berkelompok untuk bekerja sama saling membantu mengkontruksi konsep, menyelesaikan persoalan, atau inkuiri dan meminta tanggung jawab hasil kelompok berupa laporan atau presentasi.
Prinsip pokok pembelajaran kooperatif antara lain sebagai berikut:
a.     Adanya kerjasama dua orang atau lebih, model ini melibatkan pada belajar secara kelompok, berkisar sekitar 2 sampai 6 orang.
b.    Memecahkan masalah bersama dalam kelompok. Dengan belajar bersama akan terjadi saling tukar pendapat, berbagi pengalaman, saling membantu satu sama lain.
c.     Mencapai tujuan tertentu yang sama. Melalui diskusi, akan ditentukan strategi pemecahan, membut keputusan secara bersama-sama, dan pemecahan masalah menjadi milik bersama.
Adanya ketergantungan yang positif. Ketergantungan ini dimaksudkan antar anggota kelompok saling membantu dalam memecahkan kesulitan para anggotanya. Kelompok berhasil bila seluruh anggota bekerjasama dengan baik. Ketergantungan dibantu dengan cara memberi peran khusus anggota sebagai pengamat, pengklarifikasi, perekam, dan pendorong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar