Minggu, 30 Desember 2012

PERCOBAAN SACH



KEGIATAN
PERCOBAAN SACH

I.         Tujuan
Untuk membuktikan bahwa proses fotosintesis menghasilkan karbohidrat.

II.      Landasan Teori
             Suatu ciri hidup yang hanya dimiliki oleh tumbuhan hijau adalah kemampuan melakukan Fotosintesis.  Fotosintesis adalah kemampuan tumbuhan yang mengubah bahan anorganik karbon dioksida dari udara dan air dari tanah diubah menjadi bahan organik glukosa dan oksigen. Glukosa itu sebagai bahan organik kemudian di respirasikan dalam tubuhnya sehingga bisa menghasilkan energi yang digunakan untuk aktivitas.
 Menurut Sumarwan dkk, fotosintesis dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu cahaya, klorofil, suhu, ketersediaan karbondioksida dan air. Tumbuhan yang mampu melakukan fotosintesis termasuk tumbuhan dalam kelompok Autotrof yang artinya tidak tergantung mahkluk hidup lain karena mampu menyediakan bahan organik sendiri dari bahan anorganik.
Karena proses pengubahan itu memerlukan cahaya, maka asimilasi zat karbon disebut fotosintesis dimana energi cahaya akan dirubah menjadi energi kimia dengan bantuan klorofil pada daun.
                                                   Cahaya
     +                                                        +
(air)        (karbondioksida)         Klorofil              (glukosa)         (oksigen)
 





Jadi Fotosintesis ialah proses pengubahan zat anorganik H2O dan CO2 oleh klorofil menjadi zat organik (glukosa/ amylum / karbohidrat) dengan bantuan cahaya matahari.
Karena bahan baku yang digunakan adalah zat karbon (karbondioksida) maka peristiwa ini disebut juga Asimilasi Carbon/ Asimilasi C. Karbohidrat yang dihasilkan diperlukan sebagi sumber energi utama bagi setiap organisme/ dirinya maka tumbuhan dalam rantai makanan sebagai produsen. Karbohidrat diperlukan sebagai sumber energi pokok untuk mendorong pertumbuhan dan menyusun dinding sel glikolipid dan glikoprotein pada membran sel. Tumbuhan memproduksi karbohidrat lebih banyak daripada kebutuhannya sehingga kelebihan hasil produksi disimpan dalam bentuk amilum atau pati.
Julius Von Sachs (1860) membuktikan bahwa pada fotosintesis akan terbentuk karbohidrat (amilum). Dalam percobaannya, ia menggunakan daun segar yang sebagian dibungkus dengan kertas timah kemudian daun itu direbus, dimasukkan ke dalam alkohol, dan ditetesi dengan iodium. Ia menyimpulkan bahwa warna biru kehitaman pada daun yang tidak tidak ditutupi kertas menandakan adanya amilum.

III.   Alat dan Bahan
1.      Daun ketela pohon
2.      Kertas karbon
3.      Beker gelas
4.      Alkohol
5.      Larutan KI / Lugol
6.      Penjepit
7.      Beaker gelas
8.      Tabung reaksi
9.      Cawan petri
10.  Pembakar spritus
11.  Kaki tiga
IV.   Cara Kerja
1.      Pada sore hari tutuplah sebagian daun ketela pohon atau tumbuhan lain dengan menggunakan kertas karbon.
2.      Petiklah daun tersebut setelah cukup terkena sinar matahari.
3.      Bukalah kertas karbon yang menutup daun kemudian guntinglah daun tersebut.
4.      Masukkan potongan daun tersebut ke dalam air panas sampai layu kemudian angkatlah.
5.      Masukkan daun yang sudah dipanaskan tersebut ke dalam beker kecil yang berisi alkohol 96%
      Perhatian : Anda tidak boleh memanaskan beker gelas yang berisi alkohol dan daun tersebut secara langsung. Untuk memanaskan beker gelas tersebut masukkan ke dalam beker gelas yang lebih besar yang telah berisi air.
6.      Ambillah daun tersebut kemudian tetesi dengan larutan KI atau lugol. Amati yang terjadi !

V.      Hasil Pengamatan
No
Pengamatan
Warna Daun Ketela Pohon
Tidak ditutup
Ditutup
1
Sebelum direbus
Hijau tua
Hijau muda
2
Setelah direbus dengan alkohol dan ditetesi larutan KI atau Lugol
hijau kehitaman
Kekuningan

VI.   Pembahasan
Menurut Haryanto fotosintesis akan menghasilkan karbohidrat dan oksigen. Hasil fotosintesis makanan berupa karbohidrat akan diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan. Makanan digunakan misalnya untuk tumbuh, berkembangbiak, dan sebagian disimpan sebagai cadangan makanan. Sedangkan oksigen dikeluarkan ke udara yang digunakan manusia dan hewan untuk bernapas.
Pada percobaan yang telah lakukan, terjadi perubahan warna pada daun yang telah direbus dalam alkohol setelah ditetesi larutan KI atau Lugol. Bagian daun yang tidak ditutupi berubah warna menjadi biru kehitaman setelah ditetesi lugol dan hal ini membuktikan bahwa pada bagian daun itu terdapat amilum sebagai hasil dari peristiwa fotosintesis, dan sebaliknya pada bagian daun yang ditutupi akan berwarna kuning terang setelah ditetesi lugol dan hal ini membuktikan bahwa pada bagian daun itu tidak terdapat amilum (karbohidrat), karena ketika proses fotosintesis terjadi, bagian daun  tidak mendapat sinar matahari yang cukup dan tidak dapat memperoleh karbondioksida dari udara karena bagian daun tersebut tertutup rapat oleh kertas karbon. Dari percobaan tersebut terbukti bahwa fotosintesis menghasilkan amilum (karbohidrat).

VII.     Kesimpulan
1.      Pada proses fotosintesis dihasilkan amilum (karbohidrat).
2.      Proses fotosintesis membutuhkan dua komponen, yaitu cahaya dan klorofil.

VIII.   Daftar Pustaka
Haryanto. 2007. Sains Jilid 5 untuk Sedolah Dasar Kelas V. Jakarta: Erlangga.
Sumarwan, dkk. Sains Biologi untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga.


1 komentar:

  1. makasih gan atas laporan kegiatannya, membantu bgt buat pekerjaan sekolah ane..
    kunjungi juga http://agam-syahfadila.blogspot.com/

    BalasHapus